lowongan kerja di rumah

Senin, 04 Januari 2010

4 Cara Promosi Agar Bisnis Online Sukses

Bisnis online tidaklah mudah seperti yang banyak dibayangkan orang. Untuk memulai suatu bisnis online paling tidak harus memiliki situs maupun blog. Sekarang, untuk membuat situs/blog bukanlah suatu hal yang sulit lagi. Banyak jasa-jasa pembuat situs/blog yang beredar di internet, jadi membuat situs/blog bukan merupakan kesulitan yang berarti.

Salah satu hal tersulit dalam menjalankan bisnis online adalah promosi. Karena tanpa promosi suatu bisnis online bukan apa-apa alias gagal total. Walaupun memiliki situs yang bagus sekalipun jika tanpa promosi yang handal semua akan jadi percuma.

4 cara promosi yang paling umum dan sangat manjur dalam menjalankan bisnis online antara lain :

1. Iklan baris
Iklan baris merupakan cara termudah dalam melakukan promosi. Iklan baris memiliki keunggulan dalam hal indexing situs/blog baru. Keunggulan ini dikarenakan situs-situs iklan baris sering dikunjungi oleh spider search engine seperti GoogleBot. Akan tetapi karena situs iklan baris sangat banyak, kadangkala para pebisnis online lelah dalam mempublikasikan situs/blog mereka di iklan baris.

Untuk mengatasi masalah dalam publikasi di banyak iklan baris, ada salah satu situs Indonesia …….yang menawarkan suatu software yang bisa mempublikasikan secara cepat dalam banyak iklan baris dengan harga yang sangat murah. Dan keunggulan software tersebut adalah semua database selalu terupdate, kecepatan tak lebih dari 20 menit saja (tergantung koneksi internet) untuk paling tidak 700 iklan baris terselesaikan. Software ini berukuran kecil dan sangat user friendly.

2. Forum
Forum merupakan ajang diskusi para webmaster berdasarkan topik tertentu. Melalui forum bisa didapatkan backlink alami yang akan datang dari para member forum.

Untuk melakukan promosi melalui forum, terlebih dahulu harus menjadi anggota dan sering ikut ajang diskusi. Yang menjadi kunci dalam melakukan promosi lewat forum adalah membangun kredibilitas sebagai member forum.

3. Social bookmarking
Social bookmarking adalah suatu situs dimana para membernya dapat berkomunikasi dengan member lain, berbagi photo, video dan lainnya secara aktual atau dengan kata lain situs ini merupakan komunitas sosial yang luas. Keunggulan dari social bookmarking adalah selain mendapat backlink yang mempunyai ranking tinggi, tetapi juga bisa secara langsung sebagai sumber pengunjung yang banyak.

Sama seperti forum, dalam melakukan promosi di social bookmarking harus menjadi member terlebih dahulu.

4. Situs Artikel
Situs artikel merupakan situs dimana para webmaster biasanya melakukan promosi dengan mempublikasikan artikel ke situs-situs ini. Situs artikel biasanya gratis, dan banyak yang tak perlu menjadi anggota di situs tersebut. Selain mendapat backlink juga bisa mendapat pengunjung langsung yang tertarik dengan artikel tersebut.

Dari semua cara promosi di atas, yang paling diunggulkan oleh kebanyakan marketer adalah social bookmarking. Hal ini dikarenakan situs tersebut hampir tiap hari bahkan tiap menitnya terindeks oleh spider search engine. Kesulitannya adalah mencari situs-situs seperti ini.

Salah satu situs Indonesia yang menjelaskan secara detail sumber situs-situs di atas adalah situs Uang Panas.com Kang Haryo yang telah bercokol hampir lebih 2 tahun di dunia maya ini. Dan situs Uang Panas.com Kang Haryo tersebut merupakan sumber dari banyak ide-ide bisnis online yang menginspirasi para netter Indonesia lainnya.

Selamat mencoba 

Tidak ada komentar: